Seram! Mengulik Kisah Dam Kaligandu "Embung Jatimalang"

Seram! Mengulik Kisah Dam Kaligandu "Embung Jatimalang"
Dam Kaligandu yang kini berubah menjadi Embung Jatimalang. (foto: tn)

KOTA BLITAR - Sebelum menjadi Embung Jatimalang, Dam Kaligandu yang ada di lingkungan Jatimalang , Kelurahan Sentul, Kota Blitar ini dulunya tempat tersebut adalah sungai yang sangat angker. Tetapi banyak warga sekitar menggunakan aliran sungai untuk mengaliri sawah dan untuk mandi, kebetulan di Dam Kaligandu ada kucur yang sangat bening sekali.

Warga menamakan Kaligandu konon katanya banyak sekali hantu yang bergelantungan di pohon bambu. Selain menyeramkan, menurut cerita warga banyak sekali yang memancing di Dam Kaligandu karena bila menjelang Magrib akan muncul ikan Lele yang banyak sekali.

Bahkan, ada salah seorang pemancing yang pernah mendapatkan ikan lele sangat besar sekali. Konon, ada juga sepasang ikan koi yang bercorak warna indah terkadang muncul di tengah-tengah waduk, tetapi hanya beberapa orang tertentu saja yang dapat melihatnya. 

Menurut penuturan warga sekitar dulu tempat tersebut sangat seram sekali. Banyak orang yang sering melihat hantu di sungai tersebut, banyak hal ganjil bila berada diarea tersebut. Ada juga yang mengatakan ada penunggunya yaitu Bulus Putih di Grojokan Dam itu.

"Dulu tempat ini sangat angker sekali, bila malam tiba tidak ada warga yang berani ke sungai tersebut, " ujar warga yang enggan disebutkan namanya.

Dilain pihak menurut paranormal yang bernama MbakYu, waduk tersebut dijaga oleh Macan putih dan Naga yang bernama Baru Klinting. Bahkan menurutnya, ada lorong gaib dari aliran sungai tersebut ke Pantai Selatan.

"Di Embung itu ada penjaganya, yaitu Macan Putih yang menjaga sungai sedangkan Naga Baru Klinting menjaga Embung yang bisa terbang mengelilingi area embung tersebut, " kata Mbakyu yang beralamatkan di Kota Blitar ini.

Mbakyu berpesan kepada para pengunjung agar selalu berhati-hati bila berada di waduk tersebut. Katanya, hendaknya berdoa dahulu minta keselamatan kepada yang kuasa bila berada di lokasi embung.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, setelah Dam Kaligandu dibuat waduk dan berubah nama menjadi Embung Jatimalang kini menjadi ramai sekali. Banyak para warga yang berkunjung untuk melihat pemandangan alam yang indah sekali, bahkan warga sekarang tidak takut lagi berada di area embung tersebut.

Pagi hingga malam hari banyak didatangi para pemancing dari luar wilayah tersebut. Menurut pemancing di embung tersebut banyak ikannya, selain itu untuk melepas penat dan hiburan setelah lelah bekerja.

Kini Embung Jatimalang menjadi obyek wisata lokal yang tidak kalah dengan tempat lain yang ada di Blitar. Selain itu warga berencana akan menanam pohon disekitar embung penghijauan dan menambah keindahan alam. (tn)

Kota Blitar Kali Gandu Embung Jatimalang Wisata
Sumartono

Sumartono

Previous Article

Pandemi Tak Kunjung Usai, Wali Murid Mengeluh

Next Article

Yonif 511/DY, Ziarah Ke Makam Pahlawan yang...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 1269

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 213

Postingan Tahun ini: 1333

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 763

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
banner

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Adelin Lis, Ini Pendapat Guru Besar Hukum Internasional  Universitas Indonesia
Kapolres Blitar Beri Bantuan Kakek Korban Penjambretan dan Berjanji Ungkap Pelaku Secepatnya
Dugaan Korupsi pada PT.ASABRI,  Kejagung RI Kembali Periksa 4 Saksi
Kades Dawuhan, Ahmad Muhibbudin: Setelah Vaksinasi, Harus Tetap Menjaga Prokes
Tim Jaksa Penyidik Periksa 1 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi PDPDE Sumatera Selatan