Santoso: Kota Blitar Miliki Kampus Negeri yang Representatif

Santoso: Kota Blitar Miliki Kampus Negeri yang Representatif
Walikota Blitar, Santoso saat meresmikan Kampus Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar (Foto: Ist)

KOTA BLITAR - Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kampus Putra Sang Fajar yang berdiri megah Jl. DR. Sutomo No.51, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar kini diresmikan. Peresmian kampus tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Blitar didampingi Direktur AKN beserta tokoh dunia pendidikan dan Forkopimda Kota Blitar, Kamis (18/03/2021).

Tonggak sejarah dunia pendidikan di Blitar mulai menggeliat dengan dibukanya Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kampus Putra Sang Fajar oleh Walikota Blitar Santoso. Kini masyarakat kota Blitar memiliki sebuah kampus negeri akhirnya bisa terwujud, hal sebagai sarana dan prasarana penunjang menuju semakin majunya pendidikan di Bumi Bungkarno. 

Pada kesempatan itu WaliKota Blitar Santoso kepada awak media usai peresmian menjelaskan, kampus AKN ini adalah obsesi saya mulai tahun 2012, sejak saya masih menjabat Kepala Dinas Pendidikan. Kapan lagi Kota Blitar mempunyai kampus negeri yang representatif, sebab kita menanti selama 8 tahun.

"Bagaimana Kota Blitar ini memiliki sebuah Kampus negeri yang representatif baru terealisasi, dengan selesainya pembangunan Kampus Putra Sang Fajar. Sekarang sudah bisa digunakan, terlebih lagi melihat seluruh vasilitas mulai dari lab dan alatnya sudah sangat baik, " tegasnya. 

Dirinya yakin dengan adanya AKN bisa menunjang dunia pendidikan dan betul-betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Blitar. Diharapkan masyarakat Blitar tidak lagi harus mengeluarkan biaya yang besar dengan harus jauh-jauh untuk melanjutkan sekolah keluar kota lagi.

"Dengan adanya Kampus Putra Sang Fajar bisa di manfaatkan oleh masyarakat Blitar, karena disini selain ada beasiswa dari pemerintah juga ada beasiswa bidik misi bagi siswa yang berprestasi. Jadi saya rasa akan jauh lebih murah dan menguntungkan masyarakat dan kalau di Blitar ada sekolah bagus yang murah kenapa harus sekolah keluar daerah, yang jelas biayanya lebih tinggi, " ujar WaliKota Blitar. 

Dikatakannya, memiliki kampus yang sebesar ini juga patut kita banggakan sebab, nanti pada perkembangannya semoga Kampus ini semakin berkembang dan nantinya akan menjadi Universitas negeri menjadi Poltek Putra Sang Fajar. Sedangkan Pembangunan Kampus ini bersumber dari anggaran pusat melalui Dirjen Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti).

"Sesuai penganggaran pertama adalah 32 milyar untuk pembangunan Kampus ini, dan mudah-mudahan tahun 2022 dilanjutkan untuk pengembangan tahap kedua dengan asumsi anggaran dari Kementerian Pendidikan senilai 25 milyar. Sehingga nantinya didepan ada patung Bungkarno beserta dioramannya sebagai simbulnya, " terang orang nomor satu di Kota Blitar ini. 

Ditempat yang sama menurut Direktur Kampus Putra Sang Fajar, Drs Pudji Herijanto menegaskan, kampus ini adalah untuk pendidikan tinggi koperhensif yang lebih untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan dasar. Jadi siapapun yang susah lulus SMA maupun SMK, yang memilih prodi disini silahkan mendaftar. 

"Untuk mendaftar di AKN Putra Sang Fajar tidak ada batasan umur, siapapun yang sudah lulus SMA dan SMK yang berminat kepada program pendidikan (prodi) kami silahkan mendaftar, " jelas Puji Herijanto.

Diketahui, saat ini kampus bekas lahan bekas RSUD Mardi Waluyo tersebut memiliki prodi diantaranya, Pengolahan hasil ternak unggas, Multimedia, Tehnik Industri (TI) dan akan menyusul prodi Administrasi Perkantoran. Gedung yang dibangun di tahap pertama, yaitu, gedung direktorat, gedung prodi, gedung alumni, gedung unitas, serta dua gedung sarana umum berupa aula dan masjid. (hms) 

KOTA BLITAR JATIM
Sumartono

Sumartono

Previous Article

Guru Ngaji di Kota Blitar Dapat Tambahan...

Next Article

Pemkot Blitar Tampung Aspirasi Disabilitas...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 1269

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 210

Postingan Tahun ini: 1330

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 763

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
banner

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Adelin Lis, Ini Pendapat Guru Besar Hukum Internasional  Universitas Indonesia
Kapolres Blitar Beri Bantuan Kakek Korban Penjambretan dan Berjanji Ungkap Pelaku Secepatnya
Dugaan Korupsi pada PT.ASABRI,  Kejagung RI Kembali Periksa 4 Saksi
Kades Dawuhan, Ahmad Muhibbudin: Setelah Vaksinasi, Harus Tetap Menjaga Prokes
Tim Jaksa Penyidik Periksa 1 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi PDPDE Sumatera Selatan