Desa Sumberingin Penghasil Ikan Koi Berkualitas Impor

Desa Sumberingin Penghasil Ikan Koi Berkualitas Impor
Koi jenis Showa Sanshoku dan Shiro Utsuri menjadi produk unggulan Desa Sumberingin

BLITAR - Koi Blitar tentunya tidak asing lagi bagi penghobi ikan hias di seluruh Indonesia karena mempunyai warna dan corak yang lebih indah. Bahkan sejauh ini, koi Blitar telah merambah ke pasar luar negeri. Seperti contohnya di Desa Sumberingin, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar yang terkenal akan budidaya ikan koi. Jenis koi Showa Sanshoku dan Shiro utsuri menjadi produk unggulan di desa tersebut.

Dari penuturan pembudidaya ikan hias sekaligus Ketua Kelompok Koi Beringin, Krisnowo saat dikunjungi indonesiasatu.co.id menceritakan, tahun 2000 banyak pembudidaya koi yang tersebar di beberapa tempat. Pada akhirnya 2028 untuk mempermudah dan menjalin kerjasama antar pembudidaya ikan hias maka dibentuklah wadah yaitu beringin koi dan anggotanya kurang lebih lima puluh orang.

"Awalnya petani koi yang ingin belajar kita suruh membuat kolam, lalu diberi bibit ikan. Selanjutnya diajari bagaimana cara perawatanya mulai memberi pakan, pengobatan bila ada ikan yang sakit sampai dibantu penjualannya, " terang Krisnowo, Rabu (11/11/2020).

Mayoritas budidaya di Desa Sumberingin ini adalah ikan koi jenis showa, yang otomatis dari pemihahan akan muncul yang utama showa, shiro dan utsuri. Karena letak daerah dan pengairan Desa Sumberingin yang paling cocok untuk beternak koi jenis showa.

"Bahkan pada tahun 2012 kita menang lomba dikategori kelompok budidaya ikan hias tingkat Jawa Timur. Setahun kemudian di tahun 2013 kita juga menjadi juara tingkat nasional dan mendapat penghargaan dari Kementrian, " ungkapnya.

Bisnis ikan koi kalau dilihat dari segi ekonomi atau pendapatan merupakan salah satu ikan hias yang harganya sangat mahal. Harganya cukup fantastis, untuk jenis ikan yang bercorak bagus dan indah harganya dapat mencapai jutaan rupiah.

Sementara itu menurut Kepala Desa Sumberingin, Jaka Waluya, dengan adanya petani koi didesanya bisa mengangkat perekonomian. Serta bisa membawa nama desa kekancah nasional lewat kontes koi yang sering diadakan setiap setahun sekali.

Pihak desa selalu memfasilitasi kelompok peternak koi untuk mengadakan kontes koi di balai desa Sumberingin. Sedangkan kontribusi desa kepada kelompok pembudidaya koi dengan memprioritaskan tanah bengkok desa untuk disewakan kepada peternak serta membantu pembiayaan bila ada kontes.

"Saya berharap kepada para petani pembudidaya ikan koi di desanya untuk berinovasi serta menghasilkan bibit koi terbaik dan berkuwalitas. Sehingga nantinya bisa membawa nama Blitar di kancah nasinal maupun internasional, " tuturnya.

Dirinya menambahkan, untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang produk unggulan desa yaitu koi, bisa menghubungi Ketua Kelompok Beringin Koi saudara, Krisnowo dengan nomor telepon: +62 822-5777-0699. Yang beralamatkan di Jalan Raya Panjaitan No. 30 Desa Sumberingin, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. (kmf/tn)

Blitar
Sumartono

Sumartono

Previous Article

Diduga Mutu Bangunan Tidak Layak, Pihak...

Next Article

Tanggapan Pjs Bupati Blitar, Soal Pengelolaan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 1269

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 213

Postingan Tahun ini: 1333

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 763

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
banner

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Adelin Lis, Ini Pendapat Guru Besar Hukum Internasional  Universitas Indonesia
Kapolres Blitar Beri Bantuan Kakek Korban Penjambretan dan Berjanji Ungkap Pelaku Secepatnya
Dugaan Korupsi pada PT.ASABRI,  Kejagung RI Kembali Periksa 4 Saksi
Kades Dawuhan, Ahmad Muhibbudin: Setelah Vaksinasi, Harus Tetap Menjaga Prokes
Tim Jaksa Penyidik Periksa 1 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi PDPDE Sumatera Selatan