Desa Pojok Potensi Wisata Agrobis Belimbing Bermutu Tinggi

Desa Pojok Potensi Wisata Agrobis Belimbing Bermutu Tinggi
Buah belimbing Desa Pojok

BLITAR - Belimbing merupakan buah yang memiliki bentuk seperti bintang, buah ini berasal dari indonesia dan buah ini sangat terkenal baik di indonesia maupun di mancanegara. Buah ini memiliki warna kuning kehijauan dan mempunyai biji kecil di dalamnya. 

Buah belimbing banyak ditanam oleh warga Desa Pojok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten blitar, ada yang menanam di pekarangan sekitar rumah naupun di kebun kebun besar. Kebunan belimbing di Desa Pojok salah satu terbesar di wilayah Kabupaten yang mampu bersaing di pasaran dan bisa menjadi icon desa.

Hal ini dikatakan oleh salah satu perangkat Desa Pojok, Imam Nawawi, menurutnya, Di desa ini jumlah penanam buah ini semakin banyak, itu disebabkan karena buah ini bisa untuk sampingan dengan hasil yang menjanjikan. 

"Untuk menjaga kualitas kulit buah agar tidak rusak karena lalat buah, buah belimbing perlu dibungkus (blongsong). Setelah kurang lebih 45 hari, buah belimbing akan matang dan siap dipanen, " ujarnya, Rabu (25/11/2020).

Sudah banyak warga dalam dan luar daerah yg berkunjung ke kebun blimbing Desa Pojok. Selain karena kualitas buah yg bagus dan rasanya yang manis menambah daya tarik tersendiri untuk para pembeli.

"Pengunjung yang membeli buah langsung di kebun tak hanya dapat membeli buahnya saja. pembeli juga akan di ajari cara menanam, merawat hingga memanen pohon belimbing dengan benar, " ucap Kepala Dusun Karangrejo Desa Pojok ini.

Katanya, pihak desa sebelumnya pernah memberikan sosialisasi cara membuat minuman dari buah belimbing. Bahkan dari pihak Dinas Industri dan Perdagangan (Indag) Kabupaten Blitar pernah mengirimkan perwakilan warga ke Jawa Barat untuk menuntut ilmu mengenai pengolahan buah belimbing, " ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Pojok, Kepala Desa Pojok Wiyoko mengatakan. Desa Pojok mempunyai produk unggulan buah yang sangat potensial. Hampir 80 % persen penduduknya menanam pohon buah belimbing di sekitar pekarangan rumah, tegalan, sawah maupun ladang. 

"Hasilnya buah belimbing Desa Pojok banyak permintaan dari luar, seperti daerah Jakarta, Jawa Tengah dan daerah-daerah di Jawa Timur, ” jelasnya.

Kades Pojok berharap akan adanya pengembangan teknologi dalam peningkatan produktivitas usaha. Maka perlunya dukungan Pemerintah Daerah memberikan pelatihan-pelatihan maupun bimbingan teknologi (bimtek) bagaimana cara pengelolahan buah belimbing yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapannya kedepan produk unggulan buah belimbing Desa Pojok Kecamatan Ponggok menjadi icon di Kabupaten Blitar dan dikenal luar Blitar. Produk unggulan desa dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat dan usaha ekonomi masyarakat. Yang mana bisa berdaya saing dan lebih sejahtera sekaligus mengalami kemajuan, ” harap Wiyoko. (kmf/tn)

Kabupaten Blitar Desa
Sumartono

Sumartono

Previous Article

Pjs Walikota Blitar Hadiri Silaturahmi dengan...

Next Article

Pansus V DPRD Kabupaten Blitar: Tukar Menukar...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 1269

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 210

Postingan Tahun ini: 1330

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 763

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
banner

Follow Us

Recommended Posts

Terkait Adelin Lis, Ini Pendapat Guru Besar Hukum Internasional  Universitas Indonesia
Kapolres Blitar Beri Bantuan Kakek Korban Penjambretan dan Berjanji Ungkap Pelaku Secepatnya
Dugaan Korupsi pada PT.ASABRI,  Kejagung RI Kembali Periksa 4 Saksi
Kades Dawuhan, Ahmad Muhibbudin: Setelah Vaksinasi, Harus Tetap Menjaga Prokes
Tim Jaksa Penyidik Periksa 1 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Gas Bumi PDPDE Sumatera Selatan