Perpustakaan Nasional Bung Karno Blitar Gelar Wayang Kulit Dengan Lakon, "Semar Bangun Kayangan"

sumartono, 28 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Blitar - Ribuan orang memadati Panggung Amphiteater Perpustakaan Nasional Bung karno menyaksikan pagelaranwayang kulit, dalam rangka Bulan Administrasi Kebangsaan, Minggu (27/10/2019).

Dalam gelaran ini  Dalang muda Ki Panji Paromo Sastro dan Dimas Suprobo, menyuguhkan lakon semar Bangun kayangan, yang dihadiri oleh para tokoh seni dan Budayawan Blitar maupun masyarakat Sekitar.

Dalam kesempatan Kepala Bidang Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka Drs. Hartono S.S, M.Hum, bahwa lakon Semar Bangun Kayangan adalah, kebijakan yang terkandung maksud membangun untuk menuju pendewasaan.

Menurut Hartono, para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa ini kita beri kesempatan seluas-luasnya untuk berekspresi dan mengapresiasikan aspirasi dan kreativitasnya melalui apa saja yang ia punya termasuk melalui seni budaya.

Kepala UPT Perpustakaan Nasional Bung Karno menambahkan, pihakya merasa bangga bahwa seni dan budaya kita tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga digandrungi oleh orang-orang mancanegara.

Hal ini terbukti di Amerika dan Kanada saat ini banyak berdiri grup dan kelompok seni budaya Indonesia dengan mempunyai fasilitas dan alat perangkat gamelan yang komplit. Ini menandakan bahwa budaya kita telah menyebar di negara-negara moderen. 

"Oleh karena itu marilah seni budaya kita tetap kita lestarikan dan jangan sampai nantinya diaku oleh bangsa lain, terutama generasi muda yang selalu ikut melestarikan seni budaya wayang kulit seperti ini.” tuturnya.

"Sesuai pekik Bung Karno yaitu “beri aku sepuluh Pemuda niscaya akan aku guncangkan dunia”. Dengan termotivasi hal itu, kepenatan setelah kegiatan sepekan diakhiri dengan menggelar seni budaya wayang kulit," pungkas Hartono.

Dari pantuan dilapangan acara ini diikuti, penyerahan tokoh wayang Semar dari Hartono melalui budayawan kepada ki dalang Panji Paromo Sastro. Penyerahan tokoh semar ini didampingi para pelantun suara alias 5 putri pesinden yang juga dari kalangan pemudi, hal ini menambah semaraknya wayang kulit dengan lakon Semar Bangun Kayangan.(T0N)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu